Tumbuhan Berbiji (SPERMATOFITA)

Assalammualaikum wr.wb kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang tumbuhan berbiji atau dengan nama latin Spermatofita.

1.    Ciri-ciri Tumbuhan Biji
       Tumbuhan biji terdiri atas akar, batang, dan daun sejati. Pada umum tumbuhan biji memiliki bunga sebagai alat perkawinan sehingga disebut tumbuhan bunga (Anthophyta) dan berkembang biak dengan biji.
a.    Akar
      Akar pada umumnya terletak di dalam tanah dan berfungsi untuk mengkokohkan batang. Selaim itu, akar berfungsi untuk bernapas dan menyerap air dan garam mineral yang ada di dalam tanah. Perhatikan gambar struktur akar di bawah ini.

   



        Untuk menyerap air dan garam-garam mineral tersebut, akar di lengkapi dengan rambut akar dan tudung akar yang berfungsi menembus lapisan tanah. Akar pada beberapa jenis tumbuhan biji juga berfungsi menyimpan cadangan makanan. Misalnya, pada ubi kayu (singkong), wortel, dan bunga dahlia.

b.     Batang
        Kalau batang dipotong melintang seperti adanya pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem).
        Pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar ke daun, sedangkan pembuluh tapis berfungsi mengankut hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tanaman.

c.     Daun
        Daun merupakan tempat pembuatan makanan bagi tumbuhan. jika daun di potong melintang dan dilihat dengan mikroskop, akan terlihat bagian-bagiannya yang meliputi jaringan epidermis, jaringan mesofil, dan jaringan pengangkut.
        Pada jaringan mesofil yang terdiri atas jaringan tiang (palisade) dan jaringan bunga karang terlihat bintik-bintik yang disebut kloroflas. Didalam kloroflas terdapat klorofil atau zat hijau daun. Didalam kloroplas yang mengandung klorofil inilah, makanan dibentuk.
        Pada daun terdapat mulut daun atau disebut juga stomata. Stomata merupakan tempat keluarnya udara, Selain itu, terdapat pula berkas pembuluh yang berisi pembuluh tapis dan pembuluh kayu. Berkas pembuluh ini bercabang-cabang membentuk tulang daun.

d.      Bunga
         Tumbuhan biji disebut juga tumbuhan bunga (antofita/Anthophyta) karena sebagian besar tumbuhan biji menghasilkan bunga.
         Bunga mempunyai bagian-bagian yang terdiri atas tangkai bunga, dasar bunga, putik, benang sari, mahkota bunga, dan kelopak bunga. Putik merupakan alat pembiakan betina yang menghasilkan sel kelamin betina. Benang sari merupakan alat pembiakan jantan.
         Sebelum terbentuk biji, terlebih dahulu terjadi proses pembuahan. pembuahan di awali dengan peristiwa penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.